HyperSmash SOLUSI MASALAH KOMPUTER & NOTEBOOK: Tips Perawatan Memory SD Card

Tuesday, October 9, 2012

Tips Perawatan Memory SD Card

Tips perawatan memory agar lebih awet dan tahan lama :

Jangan menyentuh kuningan SDcard
Agar tidak mempengaruhi kualitas read and write dari SDcard yang dimiliki, sebaiknya jangan menyentuh kuningan dengan tangan Anda. Jika berniat untuk membersihkan, gunakanlah tisu atau kapas, karena kuningan ini termasuk bagian yang paling sensitif.

Menghapus data di PC
Jika memory card sudah mulai penuh, ada baiknya kita hapus file-file yang dianggap sudah tidak perlukan lagi. Hal ini juga mempengaruhi kualitas SDcard Anda, terlebih lagi jika Anda sering memasukkan file baru dan menghapus file lama ataupun yang baru.


** Cabut SDcard di PC secara aman**
Setelah menyalin ataupun memindahkan file dari/ke PC, ingat untuk selalu mengikuti prosedur untuk mencabutnya secara aman. Kadang kala saat Anda meng-eject SDcard selalu ada warning, dikarenakan SDcard Anda masih membaca atau menyalin file di dalamnya. Agar lebih aman, sebaiknya untuk mencabutnya saat mematikan PC Anda atau klik safety remove hardware.

Memiliki multiple cards lebih baik
Bagi para fotografer, memiliki SDcard cadangan adalah suatu kewajiban. Karena tidak mungkin memilih dan menghapus gambar yang jelek di waktu-waktu yang penting, seperti memotret kedatangan pejabat penting. Keuntungan lainnya, Anda tidak menggunakan memory card yang itu-itu saja, sehingga masa pemakaiannya pun bisa panjang.

Format SD card secara periodic
Secara periodik, ada baiknya Anda memformat SDcard yang digunakan agar bisa meningkatkan kembali performa SDcard itu sendiri. Setelah di format, bandingkan kecepatan read and write dibandingkan pada saat penuh terisi File

Lakukan format di perangkat yang digunakan
Untuk melakukan formatting SDcard, sebaiknya tidak dilakukan di PC. Karena struktur dan format dari memori card bisa saja menjadi tidak support untuk perangkat Anda. Oleh karena itu, dari setiap buku petunjuk selalu menyarankan Anda memformat SDcard di perangkat itu sendiri.

Matikan perangkat yang digunakan saat melepas SDcard
Untuk melepas SDcard, disarankan agar Anda mematikan (switch off) perangkat Anda agar lebih aman. Meskipun saat ini sudah banyak gadget yang support safety remove SDcard dalam keadaan menyala dan letaknya yang hotswap, perawatan memory yang baik sebaiknya Anda tetap mengikuti prosedur yang disarankan oleh pihak produsen.

Update SDcard
Jika Anda memiliki budget yang lebih, sebaiknya membeli SDcard yang baru untuk menggantikan SDcard Anda yang mungkin performanya sudah menurun. Mengganti dengan SDcard yang lebih fresh juga meningkatkan kembali performa perangkat Anda ke keadaan seperti Anda membeli baru.

Isi baterai disaat akan mencapai critical down
Di saat Anda sedang berbagi file ataupun sedang mengambil gambar menggunakan kamera sebaiknya segera cepat-cepat diisi ulang baterainya. Karena jika pada saat memproses file perangkat tiba-tiba mati, bisa saja terjadi kerusakan terhadap file tersebut yang mengakibatkan error.

Penyimpanan SDcard
Perawatan memory terakhir untuk menyimpan SDcard, jangan disimpan di sembarang tempat. Simpanlah di tempat yang kering, memiliki suhu yang stabil, jangan sampai terjatuh apalagi berulang kali terbentur, dan hindari berdekatan dengan yang berunsur logam ataupun magnet.

Terima Kasih telah mengunjungi blog Solusi Masalah Komputer & Notebook. Semoga tips dan artikel ini bermanfaat untuk kita semua.
.
 
 

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar Yang Berkualitas dan Membangun