HyperSmash SOLUSI MASALAH KOMPUTER & NOTEBOOK: Backup Email Outlook Express

Tuesday, September 3, 2013

Backup Email Outlook Express

Mungkin anda pernah mengalami kebingungan ketika komputer anda tiba-tiba rusak atau terkena virus, terkadang kita lupa untuk mem-backup email yang tersimpan di komputer kita. Sadar atau tida jika anda pengguna email client Microsoft Outlook Express settingan awal biasanya komputer akan menarik email yang masuk sehingga tidak ada backup email sama sekali yang tersimpan di web hosting yang kita gunakan.
Sebelum hal diatas terjadi sebaiknya kita lakukan backup berkala, jangan lupa hasil backup email tersebut disimpan di lokasi yang cukup aman, agar suatu saat kita bisa buka kembali email-email tersebut, dibawah ini akan kami paparkan bagaimana cara backup email pada outlook express.

Export Email

  1. Buka Outlook Express
  2. Klik “Tool” pada menu bar, lalu pilih option.
  3. Maka akan muncul tab windows baru kemudian anda pilih “Maintenance”



     Pilih tab Maintenance
  4. Pada tampilan “Maintenance” lalu klik “Store Folder” akan muncul “Store Location” seleksi url/lokasi folder (klik kanan dan pilih copy), Setelah anda copy klik “cancel” lalu “cancel” lagi.



     Copy lokasi folder penyimpanan
  5. Paste lokasi folder yang tadi kita copy di Windows Explorer (Windows+E)
  6. Copy semua file yang terdapat dalam folder tersebut, dan paste di folder yang anda kehendaki.

Import Email

Proses import ini yaitu dimana kita akan melakukan penempatan kembali email yang kita telah backup sehingga kita bisa membaca kembali di Outlook Express.
  1. Untuk mengetahui lokasi folder tempat penyimapanan email Outlook Express yang baru, anda dapat melakukan kembali cara-cara pada “Export Email” sampai langkah 5.
  2. Setelah anda melakukan proses “Copy” lokasi folder baru diatas, pada proses ini anda diharuskan “tidak menjalankan” aplikasi Microsoft Outlook Express, jadi silakan anda “Close” email client anda.
  3. Jika anda sudah menemukan lokasi penyimpanan email outlook express anda yang baru, maka anda hanya perlu “paste” hasil backup email pada lokasi baru tersebut.
  4. Buka kembali Microsoft Oulook, maka email anda terdahulu akan secara otomatis muncul.


Jika Merasa Artikel ini Bermanfaat, Mohon Tinggalkan Komentar Di bawah. Terima Kasih
.
 
 

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar Yang Berkualitas dan Membangun