HyperSmash SOLUSI MASALAH KOMPUTER & NOTEBOOK: Cara Membersihkan Printer Laser

Sunday, April 21, 2013

Cara Membersihkan Printer Laser

Printer laser yang sudah lama anda pakai pasti kondisinya akan kotor meskipun tampaknya tidak begitu kotor terlihat dari luar. Bagian dalam dari printer laser apabila lama tidak dibuka dan dibersihkan maka dipastikan akan banyak terdapat kotoran didalamnya. Kondisi ini bisa mempengaruhi kinerja printer secara keseluruhan. Ada tips cara membersihkan printer laser anda secara mudah agar printer tetap bisa bekerja secara optimal. Sebelumnya pastikan printer anda sudah tidak terhubung dengan aliran listrik sebelum anda memulai membersihkan printer.

Alat- alat dasar yang diperlukan untuk membersihkan printer laser:

  • Alat vakum khusus penghisap toner ; alat ini digunakan untuk menghisap toner dan sisa toner yang dibersihkan dari printer anda.
  • Kain khusus pembersih toner ; Kain ini sangat penting saat membersihkan printer laser. Kain ini adalah kain sekali pakai khusus untuk menarik dan perangkap partikel toner. Kain ini dipakai membersihkan toner yang tidak bisa dihisap oleh alat penghisap toner.
  • Masker ; Masker berguna untuk mencegah partikel toner memasuki tenggorokan dan paru-paru. Meskipun sementara ini toner inhalasi belum terbukti menyebabkan masalah kesehatan yang serius, iritasi saluran pernafasan dapat terjadi dengan paparan sejumlah besar debu toner. Toner juga dapat mengandung senyawa berbahaya, seperti stirena, etil benzena, dan xilena isomer. Gunakan masker yang menyaring baik bau dan partikel halus, seperti yang digunakan untuk lukisan dan pengamplasan. Anda biasanya dapat menemukan ini di toko-toko bahan kimia.
  • Cotton bud
  • Isopropil alkohol (99 persen murni)
  • Cat sikat (bulu lembut, sekitar setengah inci lebar)
  • Lateks sarung tangan (yang digunakan oleh dokter)

Cara membersihkan printer laser dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah
dibawah ini :
  1. Pakai masker dan sarung tangan lateks anda.
  2. Mulai buka printer yang akan dibersihkan dan keluarkan cartridge dari printer
  3. Bersihkan cartridge dengan kain khusus yang sudah disiapkan
  4. Bersihkan bagian dalam printer anda dengan menggunakan alat vakum secara hati-hati. Jangan sampai nozel dari alat vakum menyentuh permukaan dalam printer anda. Printer yang tumpah di area dalam printer anda akan terhisap oleh alat vakum tersebut.
  5. Anda mulai bisa memakai kuas untuk membersihkan area disela-sela bagian dalam printer dengan hati-hati.
  6. Printer laser mempunyai bagian yang menggunakan kawat yang sangat halus (corona wire). Hati-hati dalam membersihkan bagian ini, kerusakan pada baggian ini bisa sangat mahal untuk penggantiannya. Untuk membersihkan kawat ini, gunakan isopropyl alcohol dengan menggunakan kapas dan bersihkan dengan menyeka nya dengan lembut disepanjang kawat tersebut secara keseluruhan. Jangan menggunakan tekanan berlebihan selama membersihkan kawat.
  7. Apabila semua sudah selesai, masukkan kembali katrid kedalam printer kemudian hubungkan kembali printer ke jaringan listrik dan siap diujicoba.



Jika Merasa Artikel ini Bermanfaat, Mohon Tinggalkan Komentar Di bawah. Terima Kasih
.
 
 

1 comment:

  1. makasih ilmunya,smoga tambah sukses.

    ReplyDelete

Mohon Berikan Komentar Yang Berkualitas dan Membangun